Virus Corona memang termasuk sebagai kondisi yang cukup meresahkan bagi masyarakat saat ini. tak heran jika seandainya berbagai macam upaya juga gencar-gencarnya dilakukan untuk bisa mencegah resiko penularannya. Apalagi terkadang banyak orang yang tidak sadar bahwa sebenarnya ia sedang terinfeksi atau membawa virus tersebut, sehingga terus menerus menularkan kepada orang lain yang ada di sekitarnya. Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat mungkin tidak akan merasakan gejala yang berbahaya. Namun berbeda ceritanya untuk mereka dengan sistem imuns yang lemah. Resiko terkena komplikasi begitu tinggi.

Sehingga diupayakan masyarakat tetap berada di rumah, apalagi bagi yang sudah diberikan kemudahan yaitu dengan bekerja dari rumah. Tak perlu kemana-kemana, segala macam kegiatan bisa dilakukan dengan lebih aman dari dalam rumah. Bahkan dengan memanfaatkan perangkat teknologi seperti sekarang ini. Maka untuk berbelanja juga menjadi jauh lebih mudah, karena Anda tidak perlu datang ke supermarket. Melainkan cukup hanya di dalam rumah nantinya bisa membeli berbagai macam kebutuhan secara online.

Namun tahukah Anda ternyata meskipun membeli barang secara online, tetap ada resiko penularan dari virus Corona, sehingga tetap harus berhati-hati. Berikut ini diantaranya ada beberapa kiat aman yang bisa Anda lakukan saat belanja secara online, yaitu:

  1. Agar lebih aman jangan lakukan kontak secara langsung dengan petugas yang mengantarkan barang atau makanan tersebut, mintalah mereka untuk meletakkan barang cukup di depan rumah saja. Interaksi secara langsung inilah yang beresiko tinggi untuk membuat penyebaran virus. Untuk itu baiknya patut Anda batasi dengan tidak bersentuhan secara langsung.
  2. Bayar secara cashless saja, uang juga bisa menjadi sarana untuk menyebarkan virus ini, mengingat ia berpindah dari satu orang ke orang yang lainnya secara cepat. Itulah mengapa sangat penting untuk mengurangi pembayaran secara tunai. Anda dapat menggantinya dengan sistem cashless atau pembayaran non tunai. Mengingat sekarang ini perusahaan ojek online sendiri juga sudah memiliki dompet elektronik yang nantinya dapat Anda top up sejumlah uang. Jadi Anda tidak perlu melakukan kontak saat menyerahkan uang pembayaran ataupun juga jika memang ada kembaliannya.
  3. Menyemprotkan cairan desinfektan terlebih dahulu, untuk barang yang non makanan, sebaiknya pada bagian permukaannya dapat Anda semprot dengan memakai cairan desinfektan terlebih dahulu. Sehingga antinya terbebas dari virus yang mungkin akan menginfeksi tubuh Anda. Namun jika seandainya produk tersebut makanan, hendaknya buang plastik bagian luar yang membungkusnya saja agar lebih aman.
  4. Cucilah tangan Anda setelah membuang atau membuka kemasan produk tersebut, segera setelahnya maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Karena memang pada proses mensterilkan barang tersebut, sangat mungkin nantinya tetap ada virus yang menempel di tangan Anda. Cukup dengan cuci tangan menggunakan sabun dan alir mengalir setidaknya 20 menit untuk membunuh beragam jenis kuman dan virus yang mungkin menempel disana.

Mudah bukan cara menghindarkan diri dari virus Corona bagi Anda yang terbiasa berbelanja secara online. Mulailah dengan melindungi diri sendiri, nantinya Anda juga dapat melindungi keluarga tercinta. Mengingat Covid 19 ini adalah jenis penyakit yang sangat cepat menular dari satu orang ke orang yang lainnya. Bahkan sampai sekarang ini juga belum ditemukan vaksin untuk melawannya. Artikel-artikel terbaru terkait dengan wabah Covid 19 ini bisa Anda baca di situs Halodoc.