Banyak orangtua yang masih merasa bimbang untuk memandikan bayinya yang baru saja lahir. Tidak sedikit orangtua yang baru berani memandikan bayinya menggunakan sabun bahkan setelahtali pusar si kecil lepas atau kurang lebih setelah bayi berusia satu minggu.

Menurut dokter spesialis anak Dr. Bernie Endiarini Medise, Sp.A (K), MPH, orang tua tidak perlu lagi merasa takut untuk memandikan si kecil walaupun baru dilahirkan karena bayi sudah bisa dimandikan kurang lebih 6 jam setelah dilahirkan.anda juga dapat menggunakan Sabun mandi cair bayi bayi 1 bulan dan air untuk memandikan si kecil.

Hal yang perlu anda perhatikan saat memandikan bayi

  1. Persiapkan perlengkapan

Sebelum memandikan si kecil, siapkan semua perlengkapan yang anda butuhkan dalam jangkauan karena pada saat memandikan si kecil nantinya anda akan susah berpindah tempat, dan waktu yang anda butuhkan untuk mengambil barang akan membuat si kecil kedinginan

  1. Gunakan handuk kering

Gunakan handuk kering untuk menyeka tubuh si kecil. Handuk yang lembap berisiko untuk menjadi tempat berkembang biaknya bakteri ataupun jamur yang tidak baik bagi kulit si kecil dan dapat menyebabkan iritasi ataupun alergi

  1. Perhatikan suhu air

Sebelum memandikan si kecil, periksa suhu air yang digunakan menggunakan siku dan bukan menggunakan tangan anda. Hal ini dikarenakan pengukuran suhu tidak efektif jika menggunakan tangan karena kurang sensitif.

Gunakan air yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin, dengan istilah hangat kuku untuk memandikan si kecil

  1. Penggunaan produk pembersih badan bayi

Pastikan untuk menggunakan produk pembersih badan khusus untuk bayi bagi si kecil yang tentu saja dapat meminimalisis risiko terjadinya iritasi ataupun alergi pada kulit si kecil yang ditandai dengan keringnya kulit dan bahkan dapat juga hingga meradang dan melepuh.

Gunakan sabun mandi bayi Sleek baby yang sudah di formulasikan untuk bayi baru lahir agar tidak menyebabkan iritasi dan alergi pada penggunaannya.

Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan saat memandikan si kecil. Jangan lupa juga untuk menjadikan momen memandikan si kecil menjadi momen kedekatan antara anda dan si kecil.