Berlian yang berkualitas tidak banyak beredar di pasaran. Peredarannya pun sangat terbatas, didominasi toko-toko resmi yang cenderung high class ataupun di kalangan kolektor. Bagi pecinta dan kolektor berlian, tentu mudah untuk mengenali berlian yang berkualitas atau tidak. Namun bagi pemula yang tidak familiar serta jarang menjumpainya, hal ini tidak mudah dilakukan.

Ada istilah 4C yang seringkali dijadikan patokan standar untuk menilai apakah berlian tersebut berkualitas tinggi, sedang, ataupun rendah. Istilah 4C ini tentunya cukup familiar di telinga. Namun apa sih 4C itu, dan bagaimana menggunakan 4C ini untuk menilai kualitas berlian?

  • Clarity

Semakin tinggi tingkat clarity/ kejernihan, semakin tinggi pula kualitas dan harga berlian tersebut. Tinggi rendahnya clarity biasanya dipengaruhi oleh jumlah mineral pencemar, lokasi pencemar, ukuran encemar, warna pencemar serta jenis mineral pencemar yang terkandung dalam berlian.

The Gemological Institute of America (GIA) memiliki skala khusus untuk mengukur tingkat kejernihan berlian:

  1. Flawless / tanpa noda
  2. Internal flawless
  3. VVS1
  4. VVS2
  5. VS1
  6. VS2

VVS merupakan singkatan dari Very, Very Sligthly Include. Sementara VS merupakan singkatan dari Very Slightly. Berlian VVS1 saat ini sendiri masih sangat sukar dijumpai di pasaran, apalagi untuk berlian dengan tingkat clarity flawless dan internal flawless.

  • Color

Berlian yang terbaik adalah berlian tanpa warna. Semakin bening suatu berlian, maka semakin tinggi pula nilai dari berlian tersebut.

GIA sendiri memiliki skala khusus untuk menilai kualitas berlian berdasarkan warnanya, bervariasi mulai dari putih (colorless) hingga kuning :

  1. D-F = colorless / white
  2. G-J = hampir tidak berwarna
  3. K-M = kekuning-kuningan
  4. N-R = kuning sangat terang
  5. S-Z                 = kuning terang

Di luar skala D-Z, masih ada berlian fancy color dengan warna bervariasi mulai dari kuning, coklat, merah, merah muda, oranye, biru, hijau, hingga ungu. Nilai dan harga berlian fancy color ini tentu masih di bawah nilai dan harga berlian yang berada di skala D-Z.

  • Cut

Cutting atau potongan berlian akan sangat menentukan kilauan dan pantulan sinar yang dihasilkan. Untuk melihat kualitas suatu berlian, anda bisa memandang berlian langsung dari atas dan melihat pantulan sinarnya.

Berlian dengan kualitas cutting yang baik akan menghasilkan kilauan yang cemerlang dan maksimal, sementara cutting berlian yang terlalu pendek dan dalam akan menghilangkan cahaya pantul sehingga kilauan cahaya tidak bisa direfleksikan hingga ke permukaan berlian tersebut. Berlian menjadi tampak kusam dan tidak cemerlang.

Skala cutting menurut GIA sendiri dibedakan menjadi :

  1. Signature Ideal
  2. Ideal
  3. Very Good
  4. Good
  5. Fair
  • Carat

Nilai berlian diukur berdasarkan berat atau yang sering dikenal sebagai karat. Satu karat setara dengan 0,2 gram atau 200 mg. Namun tidak berarti bahwa berlian dengan ukuran karat yang lebih besar memiliki harga lebih tinggi daripada berlian dengan karat yang lebih kecil.

Dengan perpaduan 4C yang dimiliki oleh suatu berlian, bisa jadi berlian yang lebih kecil justru memiliki nilai dan harga yang jauh lebih tinggi.

Memilih berlian yang berkualitas berarti anda memperoleh beberapa manfaat sekaligus. Tampilannya yang cantik dan berkilau tentu akan meningkatkan kepercayaan diri siapapun yang mengenakannya. Selain itu, berlian yang berkualitas tinggi juga akan memberikan investasi bernilai tinggi bagi anda.