Materi Di Tiap Tingkatan Pembelajaran Baca Tulis Alquran

  • Whatsapp

Mengajarkan baca tulis alquran pada anak memang sebaiknya dimulai sejak anak berusia dini, karena usia tersebut merupakan usia emas bagi anak sehingga daya ingat anak terhadap hal – hal baru akan lebih cepat dibandingkan nanti saat anak sudah mulai memasuki usia 8 tahun keatas.

Sebenarnya terdapat beberapa metode yang bisa digunaka untuk mengajarkan baca tulis alquran pada anak. Namun terdapat satu metode yang dianggap paling ampuh untuk mengenalkan huruf maupun bacaan yang ada didalam alquran. Salah satu metode itu adalah mengajarkan anak alquran dengan metode BTQ.

Pembelajaran dengan metode BTQ ini memfokuskan untuk memperkenalkan huruf hijaiyah dan juga bacaannya. Hanya saja memang metode pembelejaran ini belum mengajarkan pada anak tentang bagaimana bacaan yang sesuai hukum tajwidnya. Namun metode ini dainggap cukup untuk memperkenalkan bacaan – bacaan alquran sejak dini.

Dalam metode pembelajaran alquran dengan BTQ ini terbagi kedalam 6 jilid buku yang harus dilewati atau dianggap lulus bacaannya sebelum akhirnya nanti anak akan belajar tajwid membaca alquran besar sendiri. Dari setiap jilid dalam buku Iqro ini diisi dengan materi dan juga jenis bacaan yang berbeda – beda. Berikut penjelasan mengenai isi di tiap jilid buku BTQ yang digunakan.

  1. Buku BTQ kelas 1

Biasanya pada jilid pertama anak akan diperkenalkan dengan huruf – huruf hijaiyah dan bagaimana cara pelafalannya juga penulisannya. Biasanya dalam jilid 1 ini huruf hijaiyah yang dipelajari juga masih merupakan huruf gundul atau belum diberi dommah, kasroh, ataupun Fathah.

  1. Buku BTQ kelas 2

Biasanya pada jilid kedua ini barulah anak akan mempelajari tentang tanda baca yang ada didalam alquran seperti fathatain, Kasratain, dan dhomahtain. Anak akan diajarkan bagaimana cara menulis dan juga melafalkan huruf hijaiyah yang sudah diberi tanda baca fathatain, Kasratain, dan dhomahtain.

  1. Buku BTQ kelas 3

Biasanya pada pembelajaran jilid ketiga anak akan mempelajari tentang perubahan huruf hijaiyah yang bersambung, cara merangkai dan membaca 3 huruf hijaiyah, dan juga cara membaca tulisan huruf hijaiyah yang bersambung karena biasanya huruf hiajiyah bersambung sedikit mengalami perubahan.

  1. Buku BTQ kelas 4

Biasanya pada pembelajaran jilid keempat anak akan mempelajari tentang bagaimana merangkai tulisan BTQ kelas 4 huruf sampai 5 huruf hijaiyah dalam satu kalimat. Setelah itu barulah anak akan diajarkan bagaimana cara membaca 4 -5 huruf hijaiyah yang bersambung tersebut.

  1. Buku BTQ kelas 5

Biasanya pada pembelajaran jilid kelima anak akan mempelajari tentang membaca bacaan tulisan berasmbung dan juga bacaan yang memiliki tanda bacaan harakat panjang sehingga anak akan belajar cara membaca bacaan huruf hijaiyah sesuai dengan panjang pendeknya tanda baca.

  1. Buku BTQ kelas 6

Biasanya pada pembelajaran jilid keenam anak akan mempelajari tentang tanda waqaf yang ada didalam bacaan alquran. Biasanya bacaan yang ada dalam buku jilid keenam ini sudah daimbil dari potongan – potongan ayat didalam alquran sehingga nantinya anak akan terbiasa saat harus mulai membaca alquran.

Itulah materi – materi yang terdapat di setiap jilidan didalam buku BTQ, dengan pembelajaran menggunakan bantuan buku BTQ ini diharapkan anak akan mempelajari bagaimana cara membaca alquran secara bertahap sehingga anak pun tidak akan merasa berat dan terbebani. Metode pengajaran ini pun sudah terbukti dapat membantu anak mempelajari cara membaca alquran.

Related posts