Bersihkan Wajan Hitam dengan Sabun Cuci Piring dan Beberapa Bahan Berikut Ini

  • Whatsapp
Bersihkan Wajan Hitam dengan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring bisa menjadi bahan terbaik untuk membersihkan wajan yang hitam akibat terlalu sering dipakai atau gosong. Wajan hitam harus segera dibersihkan supaya lebih bersih.

 Akan tetapi, cara membersihkan wajan hitam umumnya sulit, karena kerak membandel. Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami berikut untuk membersihkannya.

  • Abu Gosok

Jika memiliki abu kayu bakar yang tidak terpakai, Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan wajan hitam.

Caranya pun cukup mudah, karena Anda hanya perlu membasahi wajan, kemudian menggosokan abu tersebut hingga wajan bersih. Anda harus menggosok wajan beberapa kali hingga lapisan kerak hitam menipis dan kemudian hilang.

  • Baking soda

Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan wajan hitam dengan dicampurkan dengan air dengan perbandingan 3 : 1. Intinya campuran baking soda ini disesuaikan dengan kebutuhan dan usahakan teksturnya jangan terlalu cair.

Setelah itu oleskan campuran baking soda dan air pada bagian wajan yang berkerak hitam, lalu gosok dengan kawat gosok. Lakukan hal tersebut secara berulang sebanyak dua hingga tiga kali supaya wajan bersih sempurna.

  • Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Suhu panas dinilai dapat membuat kerak hitam bisa luntur dengan cepat, sehingga sebaiknya wajan hitam dicuci menggunakan air panas. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa membersihkan wajan hitam menggunakan air panas dan sabun pencuci piring atau dishwashing liquid.

Suhu panas dari air dan formula jeruk nipis dari dishwashing liquid membuat kerak hitam pada wajan luntur seketika. Saat menggosok wajan, Anda bisa menggunakan kawat gosok supaya hasilnya lebih maksimal.

Sebelum dibersihkan dengan sabun pencuci piring, sebaiknya wajan direndam dalam air panas selama beberapa menit. Sparkle bisa menjadi sabun pencuci piring yang Anda gunakan untuk menghilangkan kerak hitam di wajan.  Seperti namanya yang berarti berkilau, sabun Sparkle bisa membuat wajan bersih maksimal.

  • Minyak Sayur

Ternyata minyak sayur juga tidak kalah efektif dalam membersihkan wajan hitam, lho. Saat menggunakannya, Anda perlu memanaskan minyak sayur pada wadah yang lebih besar.

selama  minyak sayur dipanaskan, masukan bagian wajan yang berkerak hitam sekitar 15 menit. Jika sudah, silahkan angkat dan gosok menggunakan kawat gosok atau sikat, kemudian bilas menggunakan air bersih.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis menjadi bahan herbal yang terbukti ampuh membersihkan peralatan makan dan masak dari noda membandel. Seperti yang kita ketahui, jeruk nipis juga sering digunakan sebagai bahan baku pada sabun cuci piring.

Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis pada campuran air panas dan sabun pencuci piring. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang membuatnya bisa menghilangkan noda membandel dan bakteri sekaligus.

  • Campuran Pembersih Super

Jika wajan hitam belum juga bersih setelah menggunakan baking soda, jeruk nipis, dan abu gosok, maka Anda bisa mencampurkannya. Campurkan semua bahan tersebut lalu gunakan secara bersamaan pada permukaan wajan yang hitam, dan menggosoknya dengan kawat gosok.

Pastikan campuran memiliki tekstur yang tidak terlalu cair, sehingga wajan bisa bersih secara maksimal. Atau, Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring dari brand Sparkle untuk mendapat hasil yang maksimal.

Demikian beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kerak hitam pada wajan. Selain beberapa bahan tersebut, tentu Anda bisa menggunakan sabun cuci piring berbahan jeruk nipis seperti sabun Sparkle. Meski dikhususkan untuk membersihkan peralatan makan, namun dishwashing liquid tersebut juga bisa dipakai untuk membersihkan wajan hitam.

Related posts