Beberapa Manfaat Buang Angin atau Kentut Bersama SehatQ.com

  • Whatsapp
Manfaat Buang Angin atau Kentut

Bicara mengenai kentut biasanya agak memalukan. Padahal studi menunjukkan kentut merupakan satu siklus dalam tubuh yang harus dikeluarkan. Hebatnya, dengan kentut Anda bisa mencegah risiko penyakit kembung hingga kanker.

Kentut disebabkan oleh udara yang terjebak dari berbagai sumber. Beberapa dari udara itu masuk saat Anda menelan, mengunyah atau minum. Udara ini merembes masuk ke usus dan dibawa oleh darah. Manfaat kentut bagi tubuh sangat banyak. Walau efeknya menimbulkan bau kurang sedap, namun kentut merupakan proses alami yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan baik bagi kesehatan.

Manfaat Kentut:

Buang angin merupakan proses alami dan dapat menjadi tanda bahwa sistem pencernaan bekerja sesuai dengan fungsinya. Dengan kata lain, makanan yang dikonsumsi telah diproses oleh tubuh dengan baik.

  • Menandakan makanan yang dikonsumsi sudah seimbang

Manfaat kentut pertama adalah memberi sinyal soal nutrisi. Menu makan yang terdiri dari protein, rendah lemak, sayuran, buah-buahan, biji-bijian sudah termasuk seimbang. Namun akan dihasilkan banyak gas dari hasil pencernaannya.

Di sisi lain, beberapa jenis karbohidrat tidak dapat langsung diurai dalam saluran pencernaan. Sehingga makanan akan difermentasi terlebih dahulu di usus besar sebelum dibuang. Proses fermentasi ini juga menghasilkan gas.

  • Mengurangi rasa sakit pada perut

Selanjutnya, ada manfat kentut lainnya yakni mengurangi rasa sakit pada perut. Saat Anda makan, mengunyah, menelan, dan memproses makanan, semua hal ini menghasilkan gas dalam saluran pencernaan. Ketika gas menumpuk, lama kelamaan Anda akan merasa tidak nyaman dan bahkan menyebabkan rasa sakit.

Ketika menahan buang angin, gas tersebut tidak keluar dari badan sehingga tekanan dan rasa sakit dalam perut tidak akan berkurang. Namun buang angin akan melepaskan gas tersebut dan mengurangi tekenan sehingga rasa sakit akan berkurang.

  • Mengidentifikasi alergi pada makanan

dengan kentut, teman teman dapat mengetahui apakah Anda alergi pada suatu makanan tertentu. Saat mengonsumsi makanan yang menyebabkan alergi, gejala yang ditimbulkan dapat berupa diare, mual, kembung dan produksi gas yang berlebih.

Jika Anda selalu merasakan gejala tersebut saat mengonsumsi makanan tertentu, lalu kentut, itu tandanya tubuh memberikan sinyal bahwa Anda alergi pada makanan itu.

Namun, penting untuk tetap berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui dengan jelas dan pasti mengenai makanan apa yang menyebabkan alergi.

  • Menunjukkan saluran pencernaan yang sehat

Saluran pencernaan yang sehat berarti dihuni oleh berbagai jenis bakteri baik yang lebih banyak. Bakteri-bakteri ini bekerja dalam memakan dan mencerna makanan yang Anda konsumsi. Pada saat sistem pencernaan sehat akan lebih mudah untuk memproses makanan, dan secara otomatis gas jadi lebih mudah terbentuk.

Tak Ada Alasan Menahan Kentut:

Dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk Anda menahan kentut. Sebab, manfaat kentut sudah sangat jelas terlihat. Kentut bisa berfungsi menjadi indikator sistem pencernaan hingga menjadi alat untuk mengidentifikasi alergi.

Namun memang, kentut tidak bisa sembarangan. Anda sebaiknya mencari toilet atau tempat sepi saat hendak buang angin. Tujuannya supaya tidak mengganggu orang lain.

Menahan kentut tidak berbahaya langsung pada organ tubuh, namun memang dampaknya pada tubuh terasa begah. Antara lain usus juga akan merasakan menggelembung karena adanya penyumbatan gas yang tertahan dari kentutnya.

Demikian informasi tentang manfaat kentut, dan teman teman bisa melihat artikel tentang kesehatan yang lengkap di SehatQ.com. dan bisa juga cek rumah sakit di Bekasi.